Sejarah (rêbowagèn.com) — Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata ‘pusaka’ adalah barang yang diturunkan dari nenek moyang. Arti lain ‘pusaka’ yakni harta benda yang ditinggalkan oleh orang yang sudah meninggal. Jamak dipahami oleh masyarakat luas ketika menyebut kata pusaka, maka akan langsung berpikir tentang suatu benda sakral yang keberadaanya dipercaya mempunyai ‘tuah‘ atau manfaat bagi seseorang yang memilikinya.
Benda pusaka bisa berbentuk macam-macam, bagi orang Jawa yang paling umum adalah senjata atau alat perang. Senjata bisa berupa keris, tombak, pedang, taméng/perisai, tongkat, dan sebagainya. Banyak orang meyakini benda yang diwariskan secara turun temurun mempunyai cerita khusus terkait asal muasal ataupun siapa saja yang pernah memilikinya sebagai ‘sipat kandhêl‘.
Terjemahan bebas dalam bahasa Indonesia kata ‘sipat kandhêl‘ (sifat tebal) merujuk pada sebuah rasa/perasaan, sifat keberanian, atau kepercayaan diri dari seseorang. Bagi yang percaya, pemegang ‘sipat kandhêl‘ akan mendapat ‘tuah‘ berupa keberanian, rasa percaya diri, pembawaan yang berwibawa, maupun sifat-sifat unggul lainnya. Semakin ampuh pusaka yang menjadi ‘cêkêlan‘ (pegangan) seorang pemegang maka ia akan mempunyai ‘pamor‘ istimewa.
Kehadiran pusaka bertuah sangat erat hubungannya dengan sejarah nenek moyang. Sejarah menyebut pusaka-pusaka ampuh yang dimiliki oleh tokoh-tokoh dan cerita-cerita yang menyertainya. Nama keris Setan Kober, Nagasasra Sabuk Inten, Kyai Sengkelat, Mpu Gandring, atau Tombak Kyai Pleret, Kyai Baru Klinthing, maupun nama-nama lainnya tentu pernah kita dengar keampuhan dan kesaktiannya. Cerita pusaka-pusaka ini menyertai sejarah peradaban kerajaan-kerajaan dan abadi hingga saat ini.
Pada jaman sekarang arti dan fungsi sebuah pusaka akhirnya bergeser. Pusaka tidak lagi menjadi alat untuk membunuh atau mengalahkan musuh di medan perang, tetapi lebih sebagai sebuah simbol yang ‘asêp‘ (tuah) darinya bisa memberi energi positif bagi pemiliknya.
Pusaka tidak hanya melulu milik pribadi atau tokoh tertentu, tapi juga biasa dimiliki oleh keraton kerajaan atau pemegang kekuasaan pada suatu wilayah. Fungsinya sebetulnya hampir sama yakni ‘tuah’ atau energi positif yang akan memberi pengaruh terhadap kemakmuran masyarakat atau sebagai ‘sipat kandhêl’ bagi pemimpin yang memegang tampuk pemerintahan.
Tersebutlah Kyai Tunggul Wulung, pusaka Keraton Yogyakarta yang berwujud bendera/panji, berbahan ‘kiswah‘/ kain penutup dari Ka’bah. ‘Tuah’ dari Kyai Tunggul Wulung ini dipercaya dapat menghalau wabah penyakit yang menyerang warga Yogyakarta. Keraton mempunyai banyak sekali pusaka-pusaka baik berupa keris, tombak, gamelan, naskah-naskah kuno, kereta kuda dan yang lainnya. Masing-masing mempunyai ‘tuah’ sendiri-sendiri untuk menjaga tegaknya wibawa pemerintahan.
Begitu juga Kabupaten Gunungkidul sebagai salah satu wilayah dari Keraton Yogyakarta. Wilayah paling selatan ini mempunyai beberapa pusaka sebagai ‘sipat kandhêl‘ pemerintahannya.
Pada Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang jatuh pada tanggal 27 Mei, pusaka-pusaka dikeluarkan dari ‘gêdong pusaka‘ Bangsal Sewaka Praja, kemudian oleh para abdi dalem keraton diarak dalam kirab sebagai salah satu prosesi perayaan.
KMT Dwijo Sumbogo, salah satu abdi dalem yang memimpin kirab pusaka menuturkan, bahwa ada satu pusaka berwujud tombak pemberian pihak Keraton Yogyakarta dan beberapa pusaka asli dari Gunungkidul.
“Tombak Kyai Margo Salurung ini pemberian dari Sultan Hamengkubuwono ke X, disertai Songsong Kanjeng Kyai Robyong,”
“Untuk pusaka asli dari Gunungkidul juga berwujud tombak, dengan nama Kanjeng Kyai Pandoyo Panjul. Tombak pusaka ini memiliki pengiring masing-masing Tombak Kyai Sukro Manis, Tombak Kyai Titis dan Tombak Kyai Selo,”
kata KMT Dwijo Sumbogo.
Selain tombak dan Songsong, pihak keraton juga memberikan pusaka berupa panji-panji atau bendera yang diberi nama Podang Ngisep Sari sebagai ciri khas identitas Kabupaten Gunungkidul.
Pria berkaca mata yang telah puluhan tahun jadi abdi dalem keraton ini menambahkan bahwa pusaka-pusaka ini dalam satu tahun hanya keluar dua kali dari ‘gêdong pusaka‘ yakni diarak saat Hari Jadi Gunungkidul dan pada kesempatan ‘jamasan‘ pada bulan Sura setelah Keraton Yogyakarta mengadakan ‘jamasan‘.
‘Asêp’ (tuah) pusaka milik Gunungkidul ini, menurut KMT Dwijo diyakini punya daya sebagai ‘piandêl’, sebagai penuntun kehidupan, juga bisa sebagai bermacam macam manfaat, baik untuk pemimpin maupun masyarakat Gunungkidul secara luas.
“Secara umum, tuah pusaka bisa untuk keselamatan dan tegaknya kewibawaan pemerintahan, juga diharapkan bisa untuk sarana permohonan agar Gunungkidul tentram dan damai dijauhkan dari segala marabahaya. Hasil pertanian masyarakat bagus, sehingga Gunungkidul menjadi makmur ‘gemah ripah loh jinawi’. Tetapi harus tetap diingat bahwa itu hanya sarana, semua permohonan tetap ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,”
pungkasnya.
Berikut teks ‘panyandra‘ atau ‘nyandra pusaka‘ dalam posesi kirab oleh Purnawan, Kepala Seksi Pemeliharaan Seni, Dinas Kebudayaan Gunungkidul, pada Hari Jadi ke 191, 27 Mei 2022 kemarin.
“Kabupaten Gunungkidul
madeg rikala Hari Sukra Manis, Surya kaping 27 Mei Warsa 1831, utawi 15 Besar Je 1758.
Ing Hari Puniki, Sukra Palguna, Surya Kaping 27 Mei Warsa 2022, Kabupaten Gunungkidul jangkep yuswa Satus Sangang Dasa Setunggal.Pengetan Ambal Warsa Kabupaten Gunungkidul ing warsa punika, kanthi sesanti KRIDHANING MAKARYA” (Kabupaten Gunungkidul berdiri pada hari Sukra Manis tanggal 27 Mei 1831, atau 15 Besar Je 1758. Pada hari ini, Sukra Palguna 27 Mei 2022, Kabupaten Gunungkidul berusia Seratus Sembilan Puluh Satu tahun. Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul di tahun ini mengambil tema ‘Kridaning Makarya).
“Gumelaring pahargyan rinengga kirab pusaka. Laksitaning kirab, kabiwadha ungeling Ladrang Gati Padasih Laras Pelog Pathet Barang, tinatap dening para Pradangga Karawitan Laras Handayani, ingkang dipun pangarsani dening Muchlas Hidayat S. Sn.”
“Laksitaning Kirab Pusaka, kadherekaken dening abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, ingkang dipun pangarsani penjenenganipun Kanjeng Raden Tumenggung Dwijo Sumbogo, S. Pd.”
“Menggah Pusaka ingkang kakirabaken nenggih punika, Pusaka Tumbak Kanjeng Kyai Marga Salurung. Kakirabaken mapan ing ngarsa, minangka cundhakaning laku miwah pramukaning kirab.”
“Pusaka Tumbak Kanjeng Kyai Marga Salurung, Mujudaken Pusaka Paringan Saking Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Hamengkubuwono Senopati Ing Ngalogo Ngabdurahman Sayidin Panotogomo Khalifatullah, Ingkang Jumeneng Kaping Sedasa.
Kaparingaken Rikala Hari Raditya Palguna, Surya Kaping 27 Mei Warsa 2001, Utawi Surya Kaping 4 Mulud Warsa 1934, Hanyarengi Tumapaking Wanci Pengetan Ambal Warsa Kaping 170 Hadeging Kabupaten Gunungkidul.
Pusaka Kanjeng Kyai Marga Salurung, mujudaken pusaka ingkang awastha Tumbak, adhapur Baru Cekel, rinengga santosaning warangka tosing mandira Sonokeling.”“Asma Marga Salurung ngemu suraos: murih sedaya titah ing Kukuban Kabupaten Gunungkidul, wiwit saking Pamarentah, Punggawa, Pangarsa, miwah sagung warga masyarakat Kabupaten Gunungkidul sami nunggil tekad, greget anyandhi gegayuhan luhur, kanthi nunggil margi, saiyeg saeka kapti, tunggal cipta rasa miwah karsanipun, ing saklebetipun hamemangun, ngleluri, tuwin ngreksa lan ngupakara, endahing Dhaksinarga Bumikarta.”
“Ing Kirab Pusaka hari punika, laksitaning Pusaka Tumbak Kanjeng Kyai Marga Salurung, kaasta dening Mas Bekel Anom Wibowo Pawoko,
Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.”“Pusaka Pangamping,
Pusaka pangamping ingkang angka kalih nenggih punika
Tumbak Kanjeng Kyai Pandoyo Panjul, mujudaken pusaka ingkang awastha Tumbak Adhapur Totok, sinembadan warangka tosing mandira Sonokeling.”“Asma Pandoyo Panjul ngemu suraos, murih sedaya titah ing kukubaning Praja Dhaksinarga Bumikarta, pinaringan daya kekiyatan anglampahi suka duhkitaning panggesangan. Lampahing paprentahan ing Kabupaten Gunungkidul pinaringan daya kasantosan kawibawan. Para pangarsa sembada mangreh mranata praja, linambaran asih tresna, cihna ngreksa jejeg adiling hukum, tumuju Gunungkidul ingkang Gemah Ripah Adil Makmur, Karta Tata tur Raharja.”
“Ing Kirab Pusaka hari punika, lumaksitaning Pusaka Tumbak Kanjeng Kyai Pandoyo Panjul, kaasta dening Mas Bekel Sepuh Dhandhun Bentar, Abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.”
“Pusaka Pangamping ingkang angka tiga nenggih punika
Dwaja/Bandera Podhang Ngisep Sari. Dwaja Podhang Ngisep Sari mujudaken Panji Kabupaten Gunungkidul, ingkang awastha bandera warni jenar lan rekta. Warna Jenar lir Peksi Podhang, mahyakaken Sagung Warga Masyarakat Kabupaten Gunungkidul. Wondene Warna Rekta pan yayah Sarining Madu, ngibarataken sedaya potensi alam ing Kabupaten Gunungkidul.
Ngemu suraos, murih sedaya warga ing kukubaning Kabupaten Gunungkidul, sageda rumeksa lan ngupakara isining Bumi Handayani, sae siti, tirta, sela, mandira, mina, myang gumelaring samodra, murih sageda lestari mupangati tumrap panggesanganing warga masyarakat ing Kabupaten Gunungkidul.”“Ing Kirab Pusaka hari punika, lumaksitaning Dwaja/Bandera Podhang Ngisep Sari, kaasta dening Mas Jajar Marto Siyogo.
Abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.”“Pusaka Pangiring,
Laksitaning Pusaka Tumbak Kanjeng Kyai Marga Salurung, ugi kadherekaken Pusaka Pangiring, nenggih punika,”“Pusaka Pangiring ingkang sepisan nenggih
Pusaka Kyai Sukra Manis Adhapur Ron Pring, Tangguh Majapahit,
ingkang kaasta dening Mas Riyo Dwijo Sumiar.
Abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.”“Pusaka Pangiring ingkang angka kalih nenggih
Pusaka Kyai Titis Adhapur Biring Lanang, Tangguh Mataram Sepuh, ingkang kaasta dening Mas Bekel Surakso Sembodo,
Abdidalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.”“Pusaka Pangiring ingkang angka tiga nenggih
Tumbak Pusaka Kyai Selo, Adhapur Bugel Tangguh Tuban,
ingkang kaasta dening Kanjeng Mas Tumenggung Dwijo Sukamto.
Abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.”“Ugi kairing saweneh uba rampe,
ingkang kaasta dening Mas Riyo Dwijo Setiyana, saha Mas Bekel Sepuh Sangupati.”“Kirab Pusaka rinengga sumebaring Puspita manca warna, Kawistingal laksitaning Kirab Pusaka sampun manjing ing Bangsal Sewaka praja Kabupaten Gunungkidul.”
“Tumunten sedaya Pusaka kapapanaken ing Papan Parengganing Pusaka ingkang sampun kacawisaken.”
“Rahayu … Rahayu… Rahayu Niskala Laksitaning Kirab Pusaka.”